111915hp2

20 Klub Sepakbola Terkaya di Dunia

Deloitte telah mengeluarkan laporan tahunan pendapatan klub sepakbola Eropa, atau yang dikenal dengan istilah Football Money League, dan dua raksasa Primera Liga Spanyol Real Madrid dan Barcelona memperpanjang dominasi mereka.

Manchester United tetap menjadi klub terkaya di Liga Primer Inggris mengungguli lima klub Inggris lainnya yang juga berada di 20 besar, tetapi mereka tetap berada di belakang Madrid dan Barcelona.

Real Madrid berhasil mengamankan posisi puncak untuk tujuh kali secara beruntun dengan musim ini, sementara tujuh besar tetap tidak berubah dari musim 2009/2010 silam.

Sementara itu, debut Tottenham di kompetisi Liga Champions, di mana mereka berhasil melaju hingga perempat-final, membuat pendapatan mereka naik hingga 36 persen menjadi £163.5 juta.

Direktur Grup bisnis olahraga di Deloitte, Alan Switzer, mengatakan: “Spurs akhir-akhir ini telah menerima perencanaan untuk mengembangkan stadion baru, ditambah dengan performa mereka yang bagus, mereka dapat menembus posisi sepuluh besar secara reguler di masa depan. Sementara itu, Arsenal meninggalkan sedikit keraguan terkait dengan peningkatan pemasukan tiket pertandingan dari pengembangan stadion baru.”

Tottenham melampaui pencapaian Manchester City, yang tergusur ke posisi 12, tetapi City diperkirakan akan kembali menembus sepuluh besar musim depan setelah bermain di Liga Champions tahun ini.

“Klub ini investasi besar-besaran untuk mengamankan posisi Liga Champions untuk musim 2011/12. Ketika digabung dengan sepuluh tahun kerjasama dengan Etihad, itu akan membuat pendapatan City meningkat di semua sumber dan City akan menembus 10 besar tahun depan,” tambah Switzer.

Daftar ini dikompilasi dengan mengumpulkan pendapatan dari tiga sumber utama, yaitu:

  • Tiket Pertandingan
  • Pendapatan Hak Siar, termasuk Internasional dan domestik
  • Pendapatan Komersial, Sponsorship dan Merchandise

Berikut adalah daftar 20 besar klub terkaya, beserta analisis Paul Macdonald dari GOAL.com:

1st 
REAL MADRID
Tahun lalu: 1st
479.5m
(438.6m)
9.3%


Real Madrid telah mendominasi ‘Money League’ untuk tujuh tahun beruntun, menyusul meningkatnya performa mereka di lapangan dan juga meningkatnya nilai komersial mereka membuat pendapatan Madrid meningkat sebesar 9,6 persen. Pendapatan yang paling bersinar dari semua tim Eropa, bagaimanapun juga Madrid telah membangun kekayaan mereka selama lima tahun terakhir. Dari tahun 2007, total pendapatan mereka mencapai €200 juta, dan mereka memproyeksikan untuk menembus batas €500 juta di tahun depan. Hal tersebut tentu akan semakin mengukuhkan dominasi Madrid sebagai klub terkaya.

2nd
BARCELONA
Tahun lalu: 2nd
450.7m 
(398.1m)
13%

barcelona terus membuntuti rival abadi mereka dalam hal total pendapatan, tetapi keberhasilan meraih gelar juara akan semakin menipiskan selisih mereka dengan Madrid, sekaligus memperlebar selisih dengan peringkat ketiga Manchester United. Tahun ini, selisih total pendapatan Barcelona dengan United meningkat sangat tajam, yaitu dari €48.3 juta pada tahun 2009/10 menjadi €83.7 juta di tahun 2010/11. Terjalinnya kerja sama dengan Qatar Foundation membuat pendapatan Barcelona meningkat secara signifikan, dan dengan situasi tersebut posisi Barcelona diperkirakan akan semakin kuat di tahun depan.

3rd 
MANCHESTER UTD
Tahun lalu: 3rd
367m

(349.8m)
4.9%

Keberhasilan skuad Sir Alex Ferguson menjuarai Liga Primer Inggris musim lalu serta pencapaian mereka ke final Liga Champions membuat United tetap menjadi yang terbaik di luar dua klub raksasa Spanyol di atas. Secara komersial, kerja sama dengan Aon dan Nike, terus membuahkan hasil, 27 persen pendapatan didapat dari sana. Bagaimanapun juga, duopoly hak siar di Spanyol untuk Madrid dan Barcelona membuat United selalu kalah langkah dari saingannya tersebut.

4th
BAYERN MUNICH
Tahun lalu: 4th
321.4m

(323m)
0.5%

Klub raksasa Jerman ini tetap menduduki posisi empat besar, namun apabila dibandingkan dengan musim lalu, pencapaian mereka dapat dibilang mengecewakan. Kegagalan menjuarai Bundesliga Jerman musim lalu dan tersingkir di babak 16 besar Liga Champions membuat beberapa pos pendapatan mereka berkurang. Namun, pendapatan dari sponsor dan merchandise meningkat sebesar tiga persen dan pendapatan tiket juga meningkat delapan besar menyusul revisi harga. Pada tahun ini, pendapatan Munich diperkirakan semakin meningkat.

5th 
ARSENAL
Tahun lalu: 5th
251.1m

(274.1m)
8.4%

Pendapatan Arsenal dalam kurs mereka tercatat meningkat sedikit di tahun 2010/11, namun dalam fluktuasi nilai tukar mata uang, pendapatan mereka menurun sebesar 8,4 persen dalam kurs Euro. Enam musim beruntun tanpa gelar juara membuat Arsenal mengejar pendapatan dari tiket dan hak siar, dan kerja sama jangka panjang dengan Emirates hanya menyumbangkan 20 persen dari total pendapatan mereka. Strategi untuk meraih pendapatan harus ditingkatkan dan mereka harus berusaha tetap bertahan di Liga Champions untuk dapat tetap menempati posisi lima besar tahun depan.

6th 
CHELSEA
Tahun lalu: 6th
249.8m

(255.9m)
2.4%

Seperti Arsenal, dalam kurs poundsterling Chelsea mengalami kenaikan dalam pendapatan mereka di tahun 2010/11, tetapi mereka tercatat mengalami penurunan pendapatan sebesar 2,4 persen bila memakai kurs Euro. Chelsea juga semakin menipiskan selisih mereka dengan Arsenal dari €16.9 juta tahun lalu menjadi €1.3 juta saja di tahun ini. Meskipun, gagal meraih gelar juara di musim 2010/11, hak siar Chelsea menjadi kunci utama mereka. Mereka juga mendapatkan banyak tambahan dana karena berhasil mencapai perempat-final Liga Champions.

7th 
AC MILAN
Tahun lalu: 7th
235.1m

(244m)
3.6%

AC Milan menjadi pemimpin diantara klub Italia lainnya, skuad asuhan Max Allegri tersebut berhasil mempertahankan posisi ke-tujuh. Mereka berhasil meraih gelar Scudetto musim lalu mengakhiri dominasi Inter Milan. Statistik Milan cukup mengkhawatirkan setelah 46 persen pendapatan mereka didapat dari hak siar. Hasil dari tiket pertandingan Milan cukup buruk, dalam sepuluh besar Liga Italia, Milan berada di posisi kedua dari bawah. Beruntung, pendapatan mereka dapat terkatrol setelah bekerja sama dengan Emirates. Bagaimanapun juga, jika Milan gagal menembus di atas babak 16 besar di Liga Champions, mereka tidak akan dapat menikmati kenaikan dalam sumber pendapatan hak siar.

8th 
INTER
Tahun lalu: 9th
211.4m

(224.8m)
6%

Inter Milan berhasil menggusur Liverpool dari posisi ke-delapan, meskipun pendapatan mereka tercatat menurun sebesar enam persen. Seperti Milan, pendapatan Inter mayoritas berasal dari hak siar, dan 57 persen pendapatan mereka berasal dari sini, nomor dua tertinggi (di belakang AS Roma) diantara 20 tim di daftar ini. Inter harus meningkatkan strategi mereka untuk memperkuat pendapatan mereka di sektor lain, untuk tetap dapat bersaing dengan klub-klub di atas mereka.

9th 
LIVERPOOL
Tahun lalu: 8th
203.3m

(225.3m)
9%

Liverpool adalah satu-satunya tim di sepuluh besar yang tidak berpartisipasi di Liga Champions musim 2010/11, untuk pertama kalinya mereka tidak mendapatkan pendapatan dari sektor ini sejak tahun 2003/04, dan hasilnya mereka harus rela tergusur ke posisi sembilan. Namun, bagaimanapun juga, Liverpool berhasil mengamankan kerja sama dengan salah satu sponsor terbesar (Standard Chartered) diantara 20 klub terdaftar, dengan nilai kerja sama mencapai €22 juta per musim. Namun, apabila Liverpool gagal berkompetisi di Eropa musim depan, maka mereka akan sulit bertahan di sepuluh besar.

10th 
SCHALKE 04
Tahun lalu: 16th
202.4m

(€139.8m)
45%

Schalke menggapai prestasi yang sangat mengejutkan tahun ini, pendapatan mereka meningkat hingga 45 persen dan membuat mereka berhak masuk ke dalam posisi sepuluh besar, setelah sebelumnya hanya menempati peringkat ke-16. Hak siar mereka menjadi dua kali lipat dari biasanya dan pendapatan dari tiket dan sponsorship juga meningkat, sehingga tidak heran mereka menembus sepuluh besar. Bagaimanapun juga, kegagalan mereka menggapai Liga Champions akan berdampak besar bagi pendapatan mereka tahun depan.

11th 
TOTTENHAM
Tahun lalu: 12th
181m

(€146.3m)
24%

Tottenham berhasil menggusur Manchester City dari posisi ke-11, menyusul keberhasilan mereka menembus babak perempat-final Liga Champions yang kemudian membuat seluruh sumber pendapatan ikut meningkat. Total pendapatan mereka tercatat meningakat sebesar 24 persen dari musim lalu. Gemilangnya performa Spurs, membuat White Hart Lane semakin penuh sesak, tercatat pendapatan mereka dari tiket pertandingan meningkat sebesar 61 persen.

12th 
MANCHESTER CITY
Tahun lalu: 11th
169.6m
(152.8m)
11%

Keberhasilan Tottenham di Liga Champions memaksa posisi Manchester City turun satu tangga, meskipun pendapatan mereka tercatat mengalami peningkatan sebesar 11 persen. Bagaimanapun juga, City tetap menjadi tim yang memiliki pendapatan meningkat, pendapatan komersil mereka meningkat tiga kali lipat dari dua tahun lalu, dan partisipasi mereka di Liga Champions musim 2011/12 tentu saja meningkatkan pendapatan hak siar mereka di edisi tahun depan. Manchester City menjadi klub favorit menghuni posisi sepuluh besar tahun depan.

13th 
JUVENTUS
Tahun lalu: 10th
153.9m
(205m)
24%

Pendapatan Juventus mengalami banyak penurunan di beberapa tahun terakhir. Besarnya selisih pendapatan antara peserta Liga Champions dan Liga Europa dirasakan oleh Juve. Di tahun 2010/11 mereka hanya mendapatkan €1.8 juta dari UEFA. Selain itu, adanya perubahan dalam pembagian hak siar juga merugikan Juventus, dan tanpa adanya pemasukan dari UEFA musim ini, posisi Juventus musim depan diperkirakan semakin memburuk. Dengan memiliki stadion sendiri tentu akan meningkatkan pendapatan di tiket pertandingan, dan hal tersebut membuahkan harapan untuk Juve.

14th 
MARSEILLE
Tahun lalu: 15th
150.4m
(141.1m)
6.6%

Untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun, Marseille, menjadi tim paling kaya di Prancis, mengungguli rival mereka, Lyon. Marseille berhasil meningkatkan pendapatan mereka sebesar 6,6 persen di tahun 2010/11. Hal yang paling mempengaruhi kenaikan pendapatan mereka adalah keberhasilan Marseille menembus babak 16 besar Liga Champions.

15th 
AS ROMA
Tahun lalu: 14th
143.5m
(122.7m)
17%

Roma berhasil meningkatkan pendapatan mereka sebesar 17 persen berkat keberhasilan mereka melaju di Liga Champions sehingga membuat pendapatan hak siar meningkat dengan signifikan sebesar €25.5 juta. Namun meskipun demikian, hal tersebut tidak diiringi dengan kenaikan pendapatan tiket pertandingan, setelah rata-rata penonton menurun 15 persen di sepanjang musim.

16th 
BORUSSIA DORTMUND
Tahun lalu: -
138.5m
(105.2m)
32%

Dari ancaman bangkrut beberapa tahun silam, Borussia Dortmund berhasil bangkit setelah menyabet gelar juara Bundesliga Jerman, yang membuat pendapatan mereka naik signifikan. Seperti klub Jerman lain, pendapatan komersial menjadi yang paling utama bagi mereka. Sebesar 57 persen pendapatan berasal dari sana.

17th 
LYON
Tahun lalu: 14th
132.8m
(146.1m)
9.1%

Lyon mengalami penurunan peringkat dari posisi ke-14 menjadi posisi ke-17, tetapi hadirnya investor baru Paris Saint-Germain dapat mengancam posisi mereka. Sekali lagi, kegagalan menembus Liga Champions membuat pendapatan mereka jatuh. Bagaimanapun seperti tim lainnya, Lyon ingin membuat stadion baru untuk memaksilkan pendapatan tiket dan komersial mereka.

18th 
HAMBURG
Tahun lalu: 13th
128.8m
(146.2m)
12%


Seperti yang anda perkirakan, kegagalan menembus kompetisi Eropa di tahun 2010/11 secara tidak mengejutkan membuat posisi Hamburg melorot tajam. Pendapatan komersial tetap menjadi andalan Hamburg, namun bila terus seperti ini Hamburg diperkirakan akan sulit menjaga posisi mereka di daftar 20 besar.

19th 
VALENCIA
Tahun lalu: -
116.8m
(99.3m)
18%

Masalah finansial Valencia dalam lima tahun terakhir telah diketahui banyak publik. Stadion yang hanya terisi setengah dan penjualan pemain-pemain bintang menunjukkan bahwa mereka sedang kesullitan. Bagaimanapun juga, keberhasilan mereka untuk konsisten berada di Liga Champions membuat mereka bergerak ke arah yang benar.

20th 
NAPOLI
Tahun lalu: -
114.9m
(91.6m)
25%

Napoli tampil debut di ‘Money League’ setelah berhasil menggapai prestasi tertinggi mereka di Seria sejak 20 tahun silam. Tidak seperti Inter, Milan dan Juventus, Napoli mendapatkan keuntungan dari perubahan dari pembagian pendapatan hak siar. Perubahan tersebut membuat pendapatan Napoli di sektor hak siar meningkat sebesar 47 persen. Keberhasilan Napoli melaju lebih dari babak penyisihan grup Liga Champions, diperkirakan membuat posisi Napoli semakin meningkat tahun depan.

*sumber

One comment on “20 Klub Sepakbola Terkaya di Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s